9 JENIS ALUTSISTA KARYA ANAK BANGSA YANG TELAH MENDUNIA

     Setiap negara saat ini berlomba-lomba untuk membeli alat pertahanan untuk mempertahankan kedaulatan bangsanya. Tak terkecuali Indonesia yang sejak masa SBY telah gencar memodernisasi alutsista yang sudah usang dengan yang baru. Namun muncul kekhawatiran karena kebanyakan produk alutsista buatan luar nrgeri sehingga menggeser industri pertahanan dalam negeri. Akhirnya pemerintah membuat peraturan agar seluruh aparat keamanan di Indonesia membeli alutsista dari dalam negeri, kalaupun ingin membeli produk asing harus melalui proses TOT (Transfer of Technology). Berikut produk pertahanan yang merupakan hasil karya anak bangsa :

  1. Amunisi                                                                                                               
         Hampir seluruh senjata yang dipakai baik oleh Polri maupun TNI telah dapat diproduksi secara mandiri oleh Indonesia khususnya oleh PT Pindad. Beragam jenis peluru baik untuk pistol, sniper, mortar, DLL dapat diproduksi. Bahkan beragam jenis granat pun telah diproduksi. Jadi bisa dibilang Indonesia telah merdeka dalam urusan amunisi.  
  2. Senapan                                                                                                            
        Tak lengkap rasanya jika membicarakan peluru tanpa senjatanya. Belakangan beragam jenis senjata buatan Pindad telah mendunia contohnya Senapan Serbu 2 (SS-2) yang digunakan TNI saat memenagkan kejuaraan ASSAM di Australia yang bertaraf Internasional. Ada Senapan Sniper (SPR-2), Senapan Antiteror PM-2, dan senapan SSX yang digadang-gadang dapat mengalahkan kemampuan senapan serbu legendaris asal Rusia AK-47. Belakangan inipun PT Pindad bersama TNI AL dan Distilitbang sedang mengembangkan SSBA (Senapan Serbu Bawah Air) yang dapat digunakan dalam peperangan bahkan di dalam air. Dan masih ada puluhan produk senapan lain yang menunggu untuk MENDUNIA.
  3. Rudal                                                                                                                  
                                                                                                                                Indonesia tak lama lagi dapat memproduksi rudal RBS70 NG yang dilengkapi dengan radar Giraffe 1X yang ditambahkan pada produk kendaraan taktis Komodo produksi Pindad. Produk ini merupakan hasil TOT (Transfer of Technology) dengan perusahaan asal Swedia SAAB. Walaupun bukan produk asli buatan dalam negeri, namun diharapkan kedepannya Indonesia mapu membuat rudal rancangan sendiri.
  4. Helikopter                                                                                                                            
                                                                                                      Helikopter buatan Indonesia salah satunya adalah helikopter NAS332 Super Puma dan Eurocopter EC-725 Super Cougar yang keduanya hasil TOT dengan perusahaan pesawat asal Amerika dan Prancis.
  5. Kapal Perang                                                                                                                        
      Saat ini ada 2 produk kapal perang yang murni karya anak bangsa. Pertama Strategic Sealift Vessel (SSV) merupakan jenis kapal pengembangan dari ‎jenis Loading Platform Dock. Kapal ini memiliki fungsi sebagai kapal pengangkut personil dan alat tempur, mulai dari truck, tank hingga helikoper. Saat ini TNI-AL menggunakan beberapa jenis kapal ini. Bahkan di Filipina, kapal produksi PAL menjadi kendaraan laut terbesar yang dimiliki militer Filipina. Selain mampu mengangkut banyak pe‎rsonil, SSV buatan PT PAL dikenal juga sudah menerapkan teknologi yang canggih. Kapal jenis ini dibanderol senilai US$ 90 juta atau setara dengan Rp 1 triliun, tergantung dari spesifikasi teknis. Kapal tersebut berukuran panjang 123 meter dan lebar 21,8 meter serta memiliki kecepatan 16 knot dengan ketahanan berlayar selama 30 hari di laut lepas. Kedua adalah Perusak Kawal Rudal (PKR), Kapal PKR merupakan kapal perang canggih jenis Frigate Class yang memiliki panjang 105,11 meter; lebar 14,2 meter; kecepatan 28 knot. Kapal ini dapat berlayar sampai 5.000 nm pada 14 knot dan ketahanan berlayar 20 hari. Kapal perusak ini memiliki empat kemampuan tempur yakni, kemampuan perang antar permukaan. Dengan tembakan torpedo dan rudal, PKR 1 dapat menenggelamkan kapal perang musuh. Perang di udara, dengan senjata yang dimiliki dapat menghancurkan jet tempur atau pesawat musuh. Kapal ini bisa difungsikan untuk perang bawah laut. Dan yang terakhir kemampuan perang elektronika. Dengan peralatan elektronika, kapal in bisa membajak atau melakukan jammer terhadap sistem persenjataan dan kendali dari kapal perang musuh.
  6. Kapal Selam                                                                                                                                    
          Kapal Selam buatan Indonesia berjenis yang merupakan hasil TOT dengan Korea Selatan PT PAL saat ini tengah menyelesaikan 1 buah kapal selam pesanan TNI dari jumlah 12 Kapal Selam. 2 buah kapal diproduksi di Korea 1 kapal sedang dibuat PT PAL dan rencananya kapal ke-4 sampai ke-12 akan diproduksi di Indonesia. Kapal selam ini memiliki kemampuan menyelam sampai 500 m dan dilengkapi rudal yang mampu ditembakan dari jarak jauh. 
  7. Panser                                                                                                                            
                                                                                                                                 Panser buatan Indonesia yang paling terkenal adalah panser Anoa yang telah memiliki berbagai varian baik untuk perang, pengangkut pasukan maupun medis. Saat ini PT Pindad telah memproduksi 292 Panser Anoa yang dipakai oleh TNI, Brunai Darussalam, dan Timor Leste. Adapula Panser Badak yang merupakan produk baru yang sedang dalam tahap uji coba. Panser merupakan Panser terbaik di Asia. 
  8. Tank                                                                                                                        
        PT Pindad asal Indonesia telah 3 tahun merancang Medium Tank bersama FNSS asal Turki. Produk ini telah dipamerkan di pameran alat sistem pertahanan di Turki Mei 2017 dan akan dipamerkan pada saat Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) 5 Oktober mendatang. Tank ini mampu menembus kecepatan hingga 70 kilometer per jam dengan daya jelajah hingga 600 km. Medium tank ini akan dilengkapi dengan meriam dengan kaliber 105 mm yang diadopsi dari Cockerill Maintenance & Ingenierie SA Defense dari Belgia. Tank ini juga bermesin diesel yang  memiliki berat 30-40 ton. Kemudian untuk dimensi panjangnya adalah 7 meter, lebar 3,2 meter, dan tinggi 2,7 meter.  
  9. Pesawat Jet Tempur                                                                                                                                                      
        Selain Pesawat CN-295 yang merupakan pesawat jenis angkut. Indonesia pun akan segera dapat membuat pesawat jet tempur generasi 4.5 yang lebih canggih dari pesawat sukhoi dari rusia dan F-16 dari amerika yang berasal dari generasi 4. Pesawat ini memiliki nama KFX-IFX (Korea Fighter Experiment/Indonesia Fighter Experiment). Proyek ini merupakan hasil kerjasama antara pihak PTDI asal Indonesia dan KAI asal Korsel yang bernilai 8 miliar dollar amerika. Rencananya pesawat ini akan diproduksi sejumlah 200 uni dengan pembagian 150 untuk Korsel dan 50 untuk indonesia karena Indonesia hanya menyumbang 20% dari seluruh dana. Indonesia telah mengirim 70 Ilmuwan saat ini danjumlahnya akan terus bertambah dari tahun ketahun. Saat ini proyek tersebut masih dalam tahap pembuatan prototipe dan akan selesai tahun 2020. Pada tahun 2025 pesawat akan diuji coba dan pada sekitar tahun 2030 sudah mulai produksi.

Comments

Popular posts from this blog

4 RAHASIA PENGELOLAAN SDA INDONESIA SECARA MANDIRI

INILAH 6 ORMAS YANG RENCANANYA AKAN DIBUBARKAN PEMERINTAH LEWAT PERPPU